Minggu, 22 April 2012

Sharing Internet ke virtual box

Bagaimana sharing internet ( koneksi Modem) di virtual box. Tentunya pada komputer anda terinstall virtual box dan berisi sistem operasi. Pada kali ini saya menggunakan ubuntu 11 di virtual box. Caranya ikuti langkah - langkah berikut ini :


  •  Jika koneksi internet anda telah berhasil, maka silahkan open koneksi kemudian lakukan sharing ke device   yang terintegrasi pada virtual box terbentuk..pada kali ini saya menggunakan Host-Only Network
  • Selanjutnya anda harus melihat ip address yang terbentuk pada network device pada VirtualBox Host-Only Network. Pada kali ini saya mendapatkan ip address 192.168.137.1 dengan subnet mask 255.255.255.0

  • Kemudian anda masuk pada Sistem Operasi yang terinstall pada virtual-box. Dan pada kale ini saya menggunakan Linux Ubuntu 11. Kemudian lakukan konfigurasi ip address pada Linux Ubuntu. Karena saya menggunakan ubuntu maka saya menggunakan perintah nano /etc/network/interface.
auto eth0
iface eth0 inet statci
address 192.168.137.100 ( ip address yang saya buat...agar berada salam satu kelas dengan ip address yang telah diberikan oleh sharing modem yaitu 192.168.137.1

  • Address    : 192.168.137.100
  • Netmask   : 255.255.255.0
  • Network   : 192.168.137.0
  • Broadcast :  192.168.137.255
  • Gateway   : 192.168.137.1 (ikuti sesuai dengan ip address yang terbentuk pada Host-Only Network)




Selanjutnya daftarkan ip address server atau ip DNS yang beralamat /etc/resolv.conf


Kemudian restart device anda dengan mengetikkan /etc/init.d/networking restart.


dan inilah hasil yang ip address yang terbentuk 


jika sudah melakukan konfigurasi maka silahkan anda lakukan pengecekan koneksi internet anda. Dengan mengetikkan perintah ping www.google.com


Demikian tutorial Sharing Internet ke virtual box. Jika ada kekurangan mohon kritikan dan masukan :). Jangan lupa buat komentar yach !! 




6 komentar:

Anonim mengatakan...

kak saya udah coba semua cara diatas, tetapi pada saat pengetikan
#ipconfig
keluarnya sbb
bash: ipconfig : command not found
kenapa gtu ya..? saya baru pakai linux neh... mohon bimbingannya.. sebelumnya thanks

Anonim mengatakan...

@atas

ifconfig

Anonim mengatakan...

saya sudah coba cara sharing internet seperti yang anda lakukan, tapi kenapa IP yang di dapat virtual box ethernet IP nya sama dengan modem, dan ini menyebabkan IP conflict pada komputer saya, solusinya gimana ya gan??

RaditZone mengatakan...

punya ane pas di ifconfig kok nomer ip nya brubah ya?
g sama dg nomer yg udah di setting static,..

pdahal langkah2nya udah sama kayak di atas gan,..

gmn dong??

balas di email ya?
raditzrastogi@gmail.com

thx

Abid mengatakan...

bantu jawab @raditzone
coba di ketik gini etc/init.d/networking restart
itu buat ngrestat jaringan

Unknown mengatakan...

terimakasih banyak gan. berhasil di pc saya

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | MIFTAHBUDI14