Sabtu, 28 April 2012

Tutorial mendownload file/directory mengunakan wget

Biasanya user melakukan pengunduhan  dengan memanfaatkan aplikasi berbasi interface. Yach...klo mengunduh di windows lumrahnya aplikasi Internet Download Manager, bittorrent, dll..Akan tetapi biasanya menggunakan aplikasi seperti saya sebutkan hanya mengunduh sebuah atau beberapa file saja..itupun dalam metode one to one...Nah bagaimana kalau menginginkan sebuah artikel yang tidak dalam bentuk file dokument...maka langkah yang paling mudah dengan memanfaatkan fitur sebuah browser yaitu save page...Prakkkk....gimana klo yang semua halaman itu begitu penting buat anda, dan anda menginginkan semua halaman itu...dumppppsss....anda akan save page satu persatu...wowwwww...sekalian menikmati klik kiri yang bunyinya merdu (jika menggunakan mouse)..hahahhahha....kemudian belum lagi ketika ada beberapa file dalam sebuah directory....cuplakkk....unduh masing - masing satu file pastinya...klo file kecil dan jumlahnya sedikit...it's no problem...tok..tok..tok..klo file dengan jumlah yang banyak...brammmmm.....harus siapkan kopi + sabar = semua file success your download...Swiiiinngggg....tak perlu panjang lebar...kerena pxl = luas ....wkwkwkkwk......keinginan-keinginan diatas dapat teratasi dengan memanfaatkan wget...apa itu wget...(sebenarnya wget adalah perintah aplikasi di open source) tapi kali ini disediakan yang dapat running di sistem operasi windows....lebih detail tentang wget silahkan  Disini kita mulai saja tutorialnya...

1. Silahkan unduh wget Disini


    Jika anda sudah mengunduhnya maka silahkan exctrak filenya ke directory C:...(sebenarnya disembarang directory sesuai dengan keinginan)...tapi saya sengaja menempatkan di directory C: ...agar mudah dalam mengaksesnya...


2. Buka command prompt...win+r ketikkan cmd [enter] atau start menu-->Accesories--->command   prompt..dan jika command prompt telah running...maka ketiikan cd \ [enter]. Perintah cd\ agar cursor anda aktif di directory C:>_...(lokasi wget)...kemudian anda cek apakah wget berada pada directory tersebut atau bukan...dengan perintah dir/w[enter].
                           

3. Silahkan ketikkan perintah wget.exe [OPTION]... [URL]... 
    Sesuai dengan option yang ada. Silahkan Disini
4. Kali ini saya menggunakan perintah wget.exe -r -k http://wahyudiruiokami.blogspot.com/..

5. Setelah wget running maka anda dapat melakukan pengecekan pada directory C: di explorer (karena saya menempatkan wget di drive C)...maka akan terbentuk sebuah directory sesuai dengan nama link yang kita unduh..


Selanjutnya silahkan bereksperimen masing-masing..Jangan lupa komentarnya yach....Sekian tutorial dari saya..Good Luck and Free Your Mind.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | MIFTAHBUDI14